Pada awalnya, komputer digunakan sebagai alat hitung aritmatika. Melihat ukurannya yang dulu besar, komputer pada zaman dulu itu tidaklah efektif dan efisien seperti sekarang ini. Sekarang personal komputer atau PC sudah dapat kita bawa kemana-mana.

Selain itu, seiring berkembangnya zaman, fungsi dan kegunaan komputer bertambah menjadi banyak sekali. Kalau dulu komputer hanya digunakan oleh pembisnis saja, sekarang komputer dapat kita temukan di mana saja, di sekolah, universitas, rumah sakit, bahkan di rumah.

Komputer mempunyai banyak sekali fungsi pada saat ini. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa saja manfaat dan fungsi komputer. Walau sepertinya kebanyakan orang sudah mengetahuinya, namun ada banyak penjelasan yang mungkin banyak orang belum ketahui.

Komputer mempunyai manfaat bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari dan dalam berbagai bidang, terutama bidang pendidikan. Fungsi dan manfaat komputer mungkin berbeda-beda bagi tiap orang, tergantung siapa dan apa pekerjaan orang yang menggunakan komputer tersebut. Simak lebih lanjut.

Foto oleh Eduardo Dutra dari Pexels

Fungsi dan Manfaat Komputer

1. Mempermudah pekerjaan

Manfaat yang pertama dari komputer adalah untuk mempermudah pekerjaan, terutama dalam pekerjaan perkantoran. Sejak awal penciptaannya, komputer memang dirancang untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan yang ada. Dengan memanfaatkan komputer, pekerjaan akan semakin mudah, cepat, menghemat waktu, biaya dan tenaga kita.

Dengan adanya komputer, pekerjaan yang awalnya dikerjakan secara manual akan lebih efisien bila dikerjakan secara terkomputerisasi. Dengan Pekerjaan yang terkomputerisasi, tidak ada lagi berkas-berkas yang menumpuk karena komputer dapat menyimpan file di dalam hardisk dan mudah untuk mencarinya.

Baca juga Cara Reset iCloud Jika Lupa Password

2. Media Untuk Mencari Informasi

Seiring pesatnya perkembangan komputer didukung dengan adanya jaringan internet, maka fungsi komputer tidak hanya untuk memudahkan pekerjaan saja, tetapi betambah menjadi media untuk mencari informasi. Hal ini sudah tidak asing lagi pasti bagi kamu.

Dengan bermodalkan komputer yang terhubung dengan jaringan internet dan browser, kita akan dengan mudah dalam menemukan informasi. Hanya dengan memasukan kata kunci yang kita cari di search engine, dalam hitungan detik informasi yang kita cari akan muncul di halaman search engine (mesin pencari). Banyak situs mesin pencari yang populer dan dijamin keakuratannya seperti Google, Yahoo, Bing dan yang lainnya.

Kini kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk bertanya kepada orang atau mencari di buku dalam mencari informasi tertentu. Semua informasi telah tersedia hanya dengan memanfaatkan komputer yang telah terhubung dengan internet.

3. Sarana Penunjang Pendidikan

Bagi sebagian orang yang berprofesi guru atau mengajar seperi saya, peran komputer sangat membantu sekali dalam menyampaikan materi pendidikan. Dengan menggunakan komputer sebagai media dalam pembelajaran, suasana menjadi lebih hidup dan tidak lagi monoton dengan menjelaskan di depan kelas. Hanya dengan menyajikan video interaktif, simulasi atau program presentasi melalui komputer, siswa akan lebih mudah dalam memahami materi pelajaran.

Bagi siswa sendiri, komputer sangat penting dalam menunjang kegiatan belajar. Berkat adanya aplikasi-aplikasi pintar yang diinstall di dalam komputer, siswa menjadi lebih mudah dalam belajar. Peran buku fisik pun dapat diganti dengan buku elektronik (ebook). Bahkan, sebagian sekolah-sekolah telah menerapkan pepustakaan digital yaitu perpustakaan yang berbasis komputer.

Baca juga Cara Menghapus Launcher Android yang Tidak Bisa Dihapus

4. Media Komunikasi

Jika dulu orang hanya memanfaatkan telepon, radio dan ponsel sebagai alat komunikasi, tetapi kini komputer bisa dijadikan sebagai alat komunikasi pastinya. Hanya dengan memanfaatkan komputer yang terhubung dengan jaringan internet, kita dapat berkomunikasi dengan pengguna komputer lain atau bahkan pengguna ponsel.

Kita bisa berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh sekalipun. Kita bisa berkomunikasi lewat tulisan, suara bahkan kita bisa bertatap muka langsung melalui fasilitas video call. Dengan makin merebaknya aplikasi-aplikasi chatting dalam komputer, kini semakin mudah orang untuk melakukan komunikasi.

5. Media Hiburan

Manfaat komputer yang selanjutnya adalah sebagai media hiburan. Komputer tidak hanya berfungsi untuk membantu dalam suatu aktivitas yang serius, tetapi juga bisa digunakan sebagai alat atau media untuk hiburan.

Ada berbagai jenis hiburan yang bisa kita manfaatkan dari komputer, mendengarkan musik, seperti menonton film atau video, bermain game. Apalagi, dengan semakin pesatnya perkembangan internet, maka banyak situs-situs yang menawarkan pengguna untuk menikmati hiburan yang disediakan.

6. Mencari Uang

Meskipun untuk memiliki sebuah komputer kita harus merogoh kocek dulu, tapi di sisi lain komputer juga bisa kita manfaatkan untuk mencari uang. Ada berbagai cara yang memanfaatkan komputer, antara lain membangun blog, berjualan online, membangun channel youtube, dan masih banyak lagi.

Hanya dengan memanfaatkan komputer yang terhubung internet, kita bisa menjual produk kita yang tentunya dapat menghemat biaya, tempat, uang dan tenaga. Hanya dengan duduk manis di depan layar komputer, dengan sendirinya pembeli akan memesan barang yang akan mereka beli. Memembuat konten tulisan atau video pun kita juga akan bisa menghasilkan uang.

Itu lah beberapa manfaat komputer secara umum. Ada banyak sekali manfaat komputer yang ada dan lebih spesifik, mungkin akan saya jelaskan dalam kesempatan lain. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *