Di masa pandemi ini, berbagai kegiatan mulai dialih fungsikan untuk dapat dilakukan dari kediaman masing-masing. Pada akhir-akhir ini pula mulai bermunculan berbagai macam peluang baru, salah satunya menjadi live streamer dalam gaming. Tak heran jika saat ini mulai hadir beragam aplikasi untuk game streamer yang semakin populer.

Berbagai aplikasi untuk streaming game tersebut memungkinkan pemainnya untuk menampilkan kelihaiannya memainkan berbagai judul permainan. Dengannya, streamer pun juga dapat berinteraksi dengan penontonnya, menjadikan pengalaman streaming tidak one-sided.

Di masa lalu, melakukan siaran langsung bermain game mungkin perlu mengeluarkan modal yang memadai supaya dapat menghasilkan pengalaman terbaik. Akan tetapi, saat ini berbagai aplikasi untuk game streamer sudah tersedia bagi kalian yang ingin mencoba live stream. Dijamin asik serta bisa bikin kamu didatangi cuan dan dapatkan popularitas di kalangan gamer.

Aplikasi untuk Game Streamer OBS Studio

aplikasi untuk game streamer gratis obs studio
Sumber: obsproject.com

OBS Studio adalah aplikasi untuk game streamer yang paling banyak digunakan saat ini. Aplikasi PC ini sangat berguna bagi kalian yang mau mencoba cari peruntungan dengan melakukan siaran langsung dari bermain game populer.

Aplikasi tersebut sejatinya digunakan bagi gamer yang kerap merekam kegiatan bermain mereka di perangkat PC maupun laptop. Dengan menerapkan berbagai pengaturan, kamu bakal dengan mudah untuk segera melakukan live stream.

Aplikasi untuk streaming game ini juga menyediakan berbagai opsi live stream server, seperti Twitch, YouTube Gaming, hingga Facebook Live. Pilih salah satu layanan, dan mulailah pamerkan skill kamu segera.

Baca juga  Cara Mudah Membuat Siaran Langsung di Facebook Menggunakan Laptop

Streamlabs OBS

streamlabs obs
Sumber: github.com

Banyak sekali aplikasi gratis untuk live streaming bagi para gamer di seluruh dunia. Selain OBS Studio, ada pula Streamlabs OBS yang tidak kalah menarik dan sama-sama tidak berbayar.

Aplikasi dari Streamlabs tersebut berfungsi sama dengan sebelumnya, yakni untuk keperluan recording dan streaming. Aplikasi ini juga menghadirkan ragam fitur menarik bagi gamer yang baru memulai untuk menjalani siaran langsung di berbagai game streaming platform.

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh Streamlabs OBS ini adalah hadirnya personalisasi overlay. Melalui fitur tersebut, kustomisasi overlay dari para streamer bisa jadi lebih menarik dan sesuai dengan personality darinya.

Di samping itu, antarmuka dalam aplikasi untuk game streamer ini sangatlah clean. Dengan ragam kustomisasi yang tersedia, kamu pun bisa melihat berbagai komentar kala live stream dengan mudah dengan kehadiran dashboard yang seamless.

NVidia ShadowPlay

nvidia shadowplay
Sumber: nvidia.com

NVidia adalah salah satu produsen yang merajai pasar produsen kartu grafis gaming di dunia. Dengan image yang seperti itu, perusahaan satu ini mulai berusaha untuk melebarkan sayapnya untuk memenuhi kebutuhan bermain game berbagai orang.

Salah satu di antaranya dengan menghadirkan aplikasi untuk game streamer yang diberi nama NVidia ShadowPlay. Seperti namanya, aplikasi satu ini ditujukan bagi streamer yang menggunakan kartu grafis NVidia di dalam perangkat siarannya.

Layaknya dua aplikasi sebelumnya, keperluan game recording dan streaming bisa dilakukan dengan mudah di dalamnya. Fitur menarik dari apps satu ini adalah perekaman dan penyiaran permainannya yang tergolong ringan, sehingga tidak terlalu berpengaruh pada performa asli selama gaming. Jadi jangan khawatir bila kamu akan kehilangan high FPS bila sedang merekam atau live stream dengan aplikasi satu ini.

Baca juga  Cara Mematikan WiFi IndiHome

Aplikasi untuk Game Streamer Xsplit Gamecaster

xsplit gamecaster aplikasi untuk game streamer
Sumber: windowscentral.com

Di samping tiga aplikasi untuk game streamer di atas, ada pula Xsplit Gamecaster yang tak kalah menarik. Sama-sama dibanderol dengan cuma-cuma, ada ragam fitur yang membuatnya bisa kamu jadikan opsi sebelum menunaikan ibadah live streaming.

Dengan menggunakan antarmuka yang simpel, kustomisasi dapat dilakukan dengan sangat mudah sebelum menjalani siaran langsung. Hadirnya ragam pilihan tema dan widget dijamin bisa bikin pengalaman streaming lebih interaktif bersama para viewers.

Bila kamu tidak mau terlalu memamerkan background kala menggunakan webcam di sesi live stream, kamu dapat menggunakan fitur Xsplit VCam. Fitur tersebut dapat bekerja untuk membuat latar belakang jadi blur. Cocok banget buat streamer yang belum sempat beli green screen.

Sebetulnya, masih banyak lagi aplikasi untuk game streamer yang bisa kamu cobain, baik yang gratisan maupun berbayar. Bila ingin mencoba peruntungan melalui live stream bermain game, gunakan saja berbagai aplikasi di atas yang bikin kegiatanmu lebih asik dan berpotensi dapatkan cuan walau hanya di rumah aja.