Cara Mengatasi MacBook Gagal Update

cara mengatasi macbook gagal update

Memperbarui perangkat lunak atau software adalah hal yang penting. Pasalnya setiap update pasti membawa pembaruan keamanan dan hal penting lainnya terkait ekosistem suatu perangkat lunak. Dengan kita mengupdate perangkat lunak, hal-hal seperti bug dan error akan teratasi.

Namun kadang kala saat kita ingin update software maupun aplikasi terdapat kegagalan. Beberapa waktu saya berdiskusi dengan teman bahwa MacBook miliknya gagal update Operation System (OS).

Dalam beberapa kasus orang-orang juga melaporkan bahwa penginstalan macOS gagal saat mereka mengunduh pembaruan dari System Preferences entah itu di macOS menterey atau pun yang terbaru. Lebih spesifik lagi kendala yang ditemukan teman saya yaitu dia ingin update dari macOS Big Sur di MacBook Pro miliknya dan saat melakukan proses instalasi layar kosong dan simbol lingkaran dengan garis serong.

Untuk itu, sembari saya memberitahu teman saya terkait cara mengatasi MacBook gagal update, sekalian saja saya bagikan di Teknoify terakit hal tersebut. Tapi sebelum kita masuk ke pembahasan mari kita simak penyebab MacBook gagal update.

Penyebab MacBook Gagal Update

penyebab macbook gagal update
Sumber Agung Pandit Wiguna

Menurut MacRumors, banyak kendala yang dilaporkan dari pengguna Apple Support Communities bahwasanya Mac mereka langsung mati sendiri saat proses mengunduh proses update, bahkan tidak bisa dihidupkan ulang atau restart.

Salah satu pengguna mengatakan keluhannya dalam forum Apple, “Aku sedang melakukan pembaruan perangkat pada MacBook Pro 2018 ku. Semua berjalan dengan lancar sampai suatu saat layar tiba-tiba mati. Bahkan tidak mau menyala lagi.”

Salah satu indikasi yang memberitahu bahwa MacBook gagal update adalah munculnya pesan “Terjadi kesalahan saat mengunduh, menyiapkan, atau menginstal, atau bahwa penginstal rusak atau tidak dapat diverifikasi.”.

Biasanya kegagalan ini ditemukan saat ingin update ke macOS High Sierra.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan MacBook gagal update. Pertama koneksi internet yang rendah. Karena ukuran macOS yang cukup besar hingga bergiga-giga, maka dibutuhkan kecepatan internet yang cepat dan stabil jika tidak maka mungkin itu penyebab MacBook kamu gagal update.

Selain itu penyebab MacBook gagal update yang kedua adalah penyimpanan yang bermasalah. Penyimapan bermasalah di sini dapat diartikan sebagai file update macOS corrupt atau bisa juga disk Hardisk tidak dapat membacanya.

Selain itu juga, sebagian besar pengguna Mac berspekulasi bahwa masalah ini disebabkan oleh basis Intel yang terbatas yang dimiliki perangkat Mac. Ini berarti bahwa perangkat lain mungkin tidak cukup kuat untuk meningkatkan ke versi terbaru macOS. orang telah dirugikan.

Nah setelah mengetahui penyebabnya, kita bisa langsung masuk ke pembahasan utama yaitu cara mengatasi MacBook gagal update.

Mengatasi MacBook Gagal Update Mudah dan Resmi

mengatasi macbook gagal update
Sumber Pixabay

Solusi terbaik yang bisa dilakukan pengguna laptop Apple yang perangkatnya stuck saat melakukan proses update macOS Monterey adalah dengan membawa laptop mereka ke Apple Store terdekat. Selain tidak ribet, pengguna juga bakal mengetahui informasi lebih lanjut mengenai macOS Monterey.

Meski begitu, bila ada effort untuk memperbaiki sendiri, ada sebuah cara yang bisa dilakukan. Menurut salah satu pengguna Apple Support Communities, rusaknya Intel-based pada Mac bisa diatasi dengan melakukan boot ke perangkat lain yang sedang menjalankan sistem operasi atau OS terbaru. Metode ini memerlukan penggunaan Apple Configurator 2 untuk memperbarui firmware pada Intel-based pada Mac yang rusak pada T2 Security Chip.

Karena tak semua orang memiliki dua sistem operasi, pegawai Apple Store bakal membantu memperbaiki isu ini. Namun perlu diperhatikan bahwasanya jika proses menyalakan kembali atau restart MacOS gagal, pengguna harus melakukan restore Mac mereka menggunakan Apple Configurator 2, di mana hal ini akan menghapus memori internal.

Untuk itu, sebelum melakukan update ke MacOS Monterey, pengguna setidaknya harus melakukan back up file dari Mac ke memori eksternal menggunakan Time Machine. Hal tersebut demi mencegah hilangnya file pada perangkat Mac mereka.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi gagal update macBook, termasuk yang dikutip dari laman resmi Apple namun saya tulis ulang dengan bahasa saya sendiri agar mudah dipahami. Cara ini dapat dilakukan secara offline untuk instal ulang MacBook, namun kamu harus mengunduh file update terlebih dahulu. Silahkan disimak!

  1. Tekan dan tahan tombol power di Mac setidaknya selama 10 detik, kemudian lepaskan. Jika Mac dalam keadaan menyala maka langkah tersebut akan mematikan perangkat.
  2. Copot semua perangkat eksternal dari Mac, termasuk aksesoris display dan USB. Pindahkan juga semua kartu yang ada di slot kartu SDXC. Nyalakan kembali Mac Anda.
  3. Jika kendala gagal install masih dialami, reset SMC (system management controller) untuk perangkat dengan baterai yang tidak bisa dilepas.
  4. Jika kendala serupa masih terjadi, reset NVRAM atau PRAM.
  5. Hubungi Apple Support jika solusi di atas tidak bekerja.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Scroll to Top