Aji Reza M. Lifelong learner.

Cara Mengatasi Youtube Terjadi Kesalahan

2 min read

cara mengatasi youtube terjadi kesalahan

Saat menggunakan aplikasi atau melakukan hal lainnya menggunakan gadget kadang kita mendapatkan pesan error. Contohnya saat sedang menonton Youtube, kadang saat sedang atau ingin memutar video di Youtube terdapat pesan.

Terdapat beberapa pesan error di Youtube antara lain “Terjadi kesalahan, coba lagi nanti. Pelajari lebih lanjut” atau “Terjadi kesalahan ketika melakukan operasi ini id pemutaran” atau “An error occurred please try again later.” dan pesan error lainnya.

Lalu apa yang harus kita lakukan saat menemukan error-error tersebut? Yang harus dilakukan adalah mengatasi pesan error terjadi kesalahan atau playback id tersebut. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara mengatasi Youtube error playback id tertentu dan lainnya.

Simak lebih lanjut untuk mengetahui caranya.

ilustrasi youtube terjadi kesalahan
Foto oleh freestocks.org dari Pexels

Penyebab Terjadi Error ketika menonton video di Youtube

Sebelum masuk ke cara mengatasinya, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab error yang terjadi saat kita memutar video di Youtube.

1. Koneksi Internet Lambat

Saat kita sedang menonton video di Youtube, Youtube akan otomatis mengunduh beberapa frame di depan frame yang sedang diputar. Namun, jika koneksi internet kamu lambat, maka frame yang akan diload juga akan sedikit telat. Youtube juga akan ototmasi mengubah resolusi video menjadi lebih rendah agar proses load video lancar.

Saat terlalu lama buffering dan frame selanjutnya tidak terload-load, maka Youtube akan memunculkan pesan error yang sudah saya jelaskan di atas, yaitu “Terjadi kesalahan, coba lagi nanti. Pelajari lebih lanjut” ” atau “An error occurred please try again later.”. Jadi coba cek koneksi internet kamu sebelum menonton video di Youtube.

Baca juga Cara Menyimpan Video dari Facebook

2. Video sedang diedit oleh pemilik

Di Youtube terdapat fitur yang bernama Editor Video, fitur ini memungkinkan pemilik video melakukan editing secara langsung melalui Youtube. Jika pemilik video sedang melakukan pengeditan terhadap video yang sedang kamu tonton, hal ini memungkinkan terjadi error. Karena aktivitas editing setiap orang itu berbeda-beda, misalnya ketika terjadi kesalahan saat editing akan berpengaruh terhadap video asli yang sudah di-publish.

3. Video dibuang atau dihapus oleh pemilik

Jika pemilik video menghapus atau merubah video yang kamu tonton menjadi video pribadi maka video tersebut tidak bisa ditonton lagi oleh pengguna Youtube lainnya. Sekalipun ketika kamu sedang menonton video tersebut jika dalam waktu yang sama pemilik menghapus video tersebut maka muncul pesan error. Kecuali, jika pemutar video telah melakukan load penuh dari frame 0 sampai akhir artinya video bisa diputar sampai akhir asal kamu tidak me-refresh halaman video.

4. Sistem Youtube yang Bermasalah

Tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini dapat terjadi yaitu sistem Youtube mengalami gangguan internal. Selain sistemnya, server Youtube juga tidak terhindar dari yang namanya gangguan. Hal ini dapat disebabkan oleh perbaikan internal Youtube, pengembangan, serangan hacker, atau masalah lainnya.

Cara Memperbaiki Youtube Terjadi Kesalahan Id Pemutaran

Setelah mengetahui penyebab terjadinya error saat memutar video Youtube, kita dapat mengatahui juga bagaimana cara memperbaiknya, yaitu:

  1. Coba ubah koneksi Internet Kamu dari Data ke Wi-Fi atau sebaliknya.
  2. Bersihkan file cache, cookie,history di browser Kamu. Jika kamu Menggunakan Komputer/ Laptop.
  3. Jika Kamu menggunakan Aplikasi Youtube di Ponsel kamu bisa pergi ke Menu Setting > History and Privacy > Hapus “Clear watch History & Clear search history”
  4. Perbarui perangkat Kamu dan pastikan aplikasi YouTube, browser, firmware, dan pemutar flash ada dalam versi terbaru. Jika mereka kedaluwarsa, Kamu harus memperbaruinya terlebih dahulu dan cobalah untuk memutar video lagi.
  5. Sesuaikan kualitas video di aplikasi YouTube kamu. Untuk mencegah masalah serupa terulang, Kamu harus pergi ke menu pengaturan untuk menetapkan preferensi kualitas video secara default.
  6. Nonaktifkan akselerasi perangkat keras di flash player karena fitur itu juga menyebabkan kesalahan saat kamu melakukan pemutaran video di YouTube. Kemudian kunjungi kembali halaman video dan putar video yang akan kamu tonton. Klik kanan video> Klik Pengaturan> Temukan Aktifkan Akselerasi Perangkat Keras dan hapus tkamu centang.

Itu lah langkah-langkah atau cara memperbaiki dan mengatasi error pada Youtube saat memutar video. Jika semua langkah-langkah di atas sudah dilakukan namun tetap mendapati error saat menonton Youtube, coba periksa kembali apakah ada yang terlewat. Sekian terima kasih.

Aji Reza M. Lifelong learner.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *