Contoh dan Pengertian Teknologi Tepat Guna di Berbagai Bidang

contoh teknologi tepat guna di berbagai bidang

Teknologi diciptakan agar urusan manusia menjadi semakin mudah. Tanpa adanya teknologi mungkin peradaban manusia tidak akan semaju ini. Namun, teknologi harus lah tepat guna agar tidak meleset segmentasinya.

Namun apa itu teknologi tepat guna? Singkatnya teknologi tepat guna adalah yang tepat sasaran dan berguna bagi masyarakat, sesuai namanya. Tepat sasaran dimaksudkan sesuai untuk menjawab permasalah yang ada di masyarakat.

Berguna di sini maksudnya adalah teknologi tersebut bisa dimanfaatkan dan mampu memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat dan orang banyak. Di artikel ini saya akan membahas contoh teknologi tepat guna di berbagai bidang.

Pengertian Teknologi Tepat Guna

pengertian teknologi tepat guna di berbagai bidang
Sumber Canva

Sebelum kita ke contoh teknologi tepat guna, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu pengertian teknologi tepat guna.

Definisi teknologi tepat guna tedapat di Impres No.3 Tahun 2001 yang berisi, “Teknologi tepat guna adalah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab pertanyaan masyarakat, tidak merusak lingkungan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah, serta menghasilkan nilai tambah dari aspek dan aspek lingkungan hidup.

Nah, produk-produk yang termasuk dalam kategori ‘teknologi tepat guna’ bukan sekedar teknologi baru melainkan khusus diciptakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan teknologi dengan syarat lebih mudah dan efisien.

Menyangkut Berbagai Bidang Kehidupan

teknologi tepat guna di berbagai bidang untuk kehidupan
Sumber Getty Images Signature

Teknologi tepat guna berkaitan dengan berbagai bidang kehidupan di mana teknologi tidak hanya diciptakan, tetapi juga diproduksi secara bermakna sesuai dengan kebutuhan manusia. Secara umum, teknologi yang tepat adalah pemilihan teknologi dan penerapannya yang bercirikan desentralisasi, skala kecil, hemat energi, padat karya, dan erat kaitannya dengan kondisi lokal.

Teknologi ini dirancang untuk komunitas tertentu sesuai dengan aspek ekologi, etnis, budaya, sosial, politik dan ekonomi dari komunitas yang bersangkutan. Teknologi tepat guna diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia dan meningkatkan nilai ekonomi.

Oleh karena itu, teknologi yang tepat harus menggunakan sumber daya yang efisien, perawatan yang rendah dan proses yang ramah lingkungan. Proses ini dapat menghasilkan limbah dalam jumlah besar dan mencemari lingkungan.

Contoh Teknologi Tepat Guna di Berbagai Bidang Kehidupan

beberapa contoh teknologi tepat guna di berbagai bidang
Sumber Pexels

Seperti disebutkan di atas, teknologi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita. Apalagi di zaman modern ini, teknologi selalu ada untuk melakukan apapun. Ini sangat sederhana.

Dari bagian terkecil, yaitu di kamar saya, saya bisa mengamati objek seperti apa yang diterapkan teknologi itu. Jadi setiap aspek dan bidang kehidupan memiliki teknologi yang tepat guna masing-masing. Untuk lebih jelas lagi, saya sudah merangkum bidang kehidupan serta teknologi tepat guna di dalamnya.

1. Bidang Pendidikan

Penerapan teknologi tepat guna akan sangat jelas terlihat dalam bidang pendidikan, saya pribadi merasakan dan mengalaminya, menerapkan teknologi sejak saya masih mahasiswa sampai sekarang ketika saya bekerja sebagai pendidik, perubahannya telah berubah sangat jelas.

Berikut ini beberapa contoh teknologi tepat guna di dalam bidang pendidikan.

  1. E-Learning
  2. Proyektor
  3. Journal Online
  4. E-Book
  5. BSE (Buku Sekolah Elektronik)

2. Bidang Pertanian

Di bidang pertanian sendiri kita sama-sama mengamati apa saja perbedaan petani zaman dulu dan sekarang. Pada saat ini sudah jarang ditemukan petani yang melakukan pekerjaannya dengan cara tradisional. Mereka, para petani, telah menerapkan teknologi tepat guna yang bermanfaat, di bawah beberapa contohnya.

  1. Trator Pembajak Sawah
  2. Mesin Pemotong Rumput
  3. Mesin Penggiling Padi
  4. Drone Anti Hama
  5. Peptisida

3. Bidang Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang utama. Sudah banyak sekali teknologi tepat guna yang diterapkan di bidang kesehatan. Bahkan bidang kesehatan juga sudah menerapkan teknologi tepat guna sejak zaman dulu. Saat ini banyak teknologi modern yang diadopsi dari negara maju untuk dunia dalam bidang kesehatan.

Berikut ini adalah contoh teknologi tepat guna di bidang kesehatan.

  1. CT Scan
  2. USG
  3. MRI (Magnetic resonance imaging)
  4. ESMR (Extracorporeal Shockwave Myocardial Revascularization)
  5. ESWL (Extracorporeal shock wave lithotripsy)

4. Bidang Ekonomi dan Bisnis

Teknologi sudah sangat berkembang pesat di dalam bidang ekonomi dan bisnis. Sudah banyak sekali hal-hal praktis dan berguna bagi kehidupan masyarakat terkait ekonomi maupun bisnis. Yang paling gampang saja, kita sudah bisa belanja hanya modal smartphone dan bayar apapun bisa menggunakan dompet digital.

Ada banyak sekali contoh teknologi tepat guna di bidang ekonomi dan bisnis, berikut ini beberapa di antaranya.

  1. E-wallet
  2. Internet Banking
  3. Online Shop
  4. Portal Bisnis
  5. Pergerakan Saham

5. Bidang Transportasi

Transportasi sendiri termasuk ke dalam teknologi baik itu yang kuno maupun modern. Sudah banyak sekali perubahan bahkan manfaat yang terdapat dalam teknologi di bidang transportasi yang pastinya tepat guna. Salah satunya yang sekarang sedang tren adalah teknologi kendaraan listrik. Kendaraan listrik dapat menyelesaikan masalah pemanasan global, artinya teknologi tersebut tepat guna.

Selain kendaraan listrik berikut ini daftar contoh teknologi tepat guna di bidang transportasi.

  1. Ojek Online
  2. Taksi Online
  3. Tiket Pesawat dan Kereta Online
  4. Kereta Listrik
  5. Kereta Cepat

6. Bidang Komunikasi

Untuk teknologi di bidang komunikasi sepertinya sudah sangat kental dan menyatu dengan hidup kita. Informasi sekarang sangat mudah untuk diperoleh, membaca berita hingga berkomunikasi dengan kerabat seperti membalik telapak tangan. Bermodal internet dan smartphone, kita sudah bisa mengakses banyak sekali hal di dunia.

Di bawah ini adalah beberapa contoh teknologi tepat guna dalam bidang komunikasi.

  1. Portal Berita Online
  2. E-Book
  3. Aplikasi Perpesanan (WhatsApp, Telegram, dll)
  4. Video Conference (Zoom, Google Meet, Skype)
  5. Wikipedia

Teknologi Tepat Guna Punya Peran Penting di Masa Depan

peran penting teknologi tepat guna di berbagai bidang
Sumber Pexels

Bila dimanfaatkan dengan baik, peran teknologi tepat guna (TTG) diyakini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, memberikan nilai tambah pada produk, meningkatkan kualitas dan membantu memungkinkan operasi produksi yang efisien.

Penerapan teknologi tepat guna dipandang sebagai strategi untuk mengoptimalkan pemanfaatan semua aspek sumber daya lokal (alam, manusia, teknologi, sosial) secara berkelanjutan, memberikan nilai tambah bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, yang pada gilirannya berkontribusi pada peningkatan daya saing nasional.

Teknologi tepat guna merupakan jembatan antara teknologi tradisional dan canggih. Dalam proses alih teknologi tepat guna, sering dijumpai kesenjangan yang besar antara penyedia teknologi dengan masyarakat penerima teknologi.

Mengingat faktor-faktor tersebut dan keterbatasan dana, proses transfer teknologi kepada masyarakat membutuhkan bantuan dari pihak pemerintah dan non-pemerintah, termasuk program keuangan mikro dari bank dan lembaga keuangan lainnya.

Salah satu strategi untuk mempercepat kemajuan ekonomi masyarakat dalam menghadapi persaingan global adalah dengan mempercepat pembangunan melalui upaya pemberdayaan masyarakat di segala bidang kehidupan melalui penerapan teknologi tepat guna.

Teknologi aplikatif yang paling sering dibahas adalah terkait dengan pembangunan ekonomi sebagai alternatif proses transfer teknologi padat modal dari negara industri ke negara berkembang. Namun, gerakan teknologi tepat guna dapat ditemukan baik di negara maju maupun negara berkembang.

Di negara maju, gerakan teknologi yang tepat muncul setelah krisis energi tahun 1970-an, dengan fokus utama pada isu-isu lingkungan dan keberlanjutan. Selain itu, di negara maju, istilah teknologi tepat guna memiliki arti yang berbeda, biasanya mengacu pada rekayasa atau rekayasa dengan perspektif khusus pada aspek sosial dan lingkungan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Scroll to Top