Contoh dan Penjelasan Freeware, Shareware, Open Source, Commercial Software

pengertian dan contoh Freeware, Shareware, Open Source, Commercial Software

Jika kamu mengunduh sebuah aplikasi atau software, kamu mungkin tidak mengetahui lisensi apa yang digunakan oleh aplikasi tersebut. Terdapat banyak jenis lisensi untuk sebuah software dan aplikasi antara lain Freeware, Shareware, Open Source, dan Commercial Software.

Lisensi-lisensi tersebut mempunyai batasan dan kehendaknya masing-masing. Kita ambil contoh Freeware, yang mana adalah lisensi untuk aplikasi yang bisa diunduh dan digunakan secara gratis oleh semua orang. Namun di balik “gratis” ada batasan-batasan tertentu, jadi setiap lisensi punya kelebihan serta kekurangan.

Di artikel kali ini saya akan membahas secara lengkap apa itu freeware, shareware, open source, dan commercial software. Saya akan sajikan penjelasan serta contoh terkait lisensi-lisensi software yang ada. Simak Baik-baik ya!

Pengertian dan Contoh Freeware

pengertian dan contoh freeware
Sumber Lifewire

1. Pengertian Freeware

Arti istilah freeware dalam bahasa software atau aplikasi gratis. Oleh karena itu, istilah freeware adalah perangkat lunak atau aplikasi apa pun yang diperoleh secara gratis dan dapat diunduh serta digunakan, tetapi dengan pembatasan hak pencipta.

Pada dasarnya, ini gratis, tetapi pembuatnya memiliki pedoman khusus dan umumnya dilengkapi dengan ketentuan bahwa perangkat lunak tidak boleh dimodifikasi dengan cara apa pun. Itu juga harus non-komersial.

Namun, persyaratan mutlak untuk perangkat lunak yang disebut freeware adalah ruang lingkup dan waktu penggunaan, tanpa batasan. Isi dari freeware bervariasi. Mereka datang dalam bentuk perangkat lunak (aplikasi), kode sumber, mesin web (WordPress, CMS, phpBB) dan ebooks (dokumentasi).

2. Contoh Freeware

Berikut contoh freeware yang tersedia di internet:

  1. GOM Player
  2. Foxit Reader
  3. Opera
  4. Free PDF Compressor
  5. Dev C++
  6. Notepad++

Pengertian dan Contoh Shareware

pengertian dan contoh shareware
Sumber IT Release

1. Pengertian shareware

Secara linguistik, istilah shareware berarti perangkat lunak atau aplikasi apa pun yang dibagikan. Jadi apa yang dimaksud dengan shareware? Shareware adalah perangkat lunak yang didistribusikan secara bebas dan tersedia bagi pengguna untuk diunduh dan digunakan, tetapi penggunaan perangkat lunak tersebut berlaku/kedaluwarsa untuk jangka waktu terbatas.

Jika pengguna tertarik dengan perangkat lunak dan memenuhi kebutuhan mereka, pengguna harus membelinya karena dapat digunakan untuk waktu yang tidak terbatas. Masa berlaku/masa bebas shareware biasanya terbatas.

Misalnya versi uji coba 30 hari, atau hanya dapat digunakan sebanyak 30 kali, fitur tertentu mungkin tidak tersedia atau tidak lengkap. Software shareware yang kadaluwarsa biasanya diblokir dan tidak dapat digunakan lagi, tetapi beberapa software memiliki fungsi yang terbatas dan dapat digunakan secara normal.

2. Contoh shareware

Berikut ini adalah beberapa contoh shareware yang saya temukan:

  1. Internet Download Manager
  2. Winrar
  3. Microsoft Windows
  4. CyberLink Power DVD
  5. Norton Antivirus

Pengertian dan Contoh Open Source

pengertian dan contoh open source
Sumber eLearning Industry

1. Pengertian open source

Definisi open source adalah istilah umum yang mengacu pada perangkat lunak yang kode sumbernya (kode program) tersedia untuk pengguna sehingga pengguna dapat dengan bebas meningkatkan dan mengembangkan perangkat lunak tersebut.

Sebagian besar perangkat lunak open source tersedia secara bebas dari pengembangnya atau dari Internet. Tentunya bagi yang menyukai aktivitas koding, software jenis ini sangat populer karena memungkinkan mereka untuk ikut serta dalam pengembangannya.

2. Contoh open source

Banyak sekali contoh software open source, berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Linux
  2. XAMPP
  3. Mozilla Firefox
  4. OpenOffice
  5. FileZilla
  6. VLC Media Player
  7. GIMP
  8. LibreOffice
  9. WordPress

Pengertian dan Contoh Commercial Software

pengertian dan contoh commercial software
Sumber anyaberkut

1. Pengertian commercial software

Perangkat Lunak Komersial atau Berbayar adalah perangkat lunak yang dibuat untuk tujuan dan kebutuhan komersial. Setiap pengguna yang ingin menggunakan perangkat lunak harus membelinya dari distributor perangkat lunak.

Kamu bisa langsung menuju ke pengembang perangkat lunak yang membuatnya. Pengguna perangkat lunak berbayar biasanya tidak dilegalkan atau diizinkan untuk mendistribusikan ulang perangkat lunak.

2. Contoh commercial software

Di bawah ini adalah beberap contoh commercial software yang tersedia di internet:

  1. Adobe Photoshop
  2. Corel Draw
  3. Microsoft Office
  4. MYOB
  5. Karspersky
  6. Asp. Net

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Scroll to Top