hildapohan Multiple learn.

Dinamika Asia Pasifik

46 sec read

Berakhirnya perang dingin 1990-an, dunia telah mengubah tatanan internasional (international order) terutama terkait dengan isu-isu yang bersifat high politics.

Isu-isu high politics seakan tidak lagi menjadi fokus utama negara-negara di dunia terutama menyangkut tentang isu kekuatan militer dan ketegangan suatu negara.

Negara-negara lebih menginginkan kehidupan yang damai, aman dan sejahtera. Maka negara-negara pun mulai membangun sebuah isu yang bersifat low politics dimana aspek-aspek seperti ekonomi, sosial, dan budaya cenderung menjadi fokus utama negara-negara dalam membangun sebuah hubungan antar negara.

Perkembangan teknologi mendorong munculnya transisi baru dalam bidang high politics terutama dalam hal kekuatan militer dengan konsep-konsep operasional baru.

Perkembangan teknologi militer yang dilakukan memunculkan security dilemma yang tidak terkecuali di kawasan Asia pasifik.

Keberadaan negara-negara superpower di kawasan ini juga memicu panasnya persaingan militer di kawasan ini yang mana negara-negara di kawasan ini merasa terancam dengan keberadaan negara-negara superpower tersebut.

Pasca perang dingin, Asia Pasifik menjadi poros dunia sebab di kawasan yang mencakup negara Amerika Serikat dan Rusia ini. Negara-negara lainnya mulai memperlihatkan perlombaan kemajuan-kemajuan di bidang pembangunan ekonomi, teknologi, dan arus investasi yang semula berporos di Eropa.

Asia Pasifik kini menjadi intergrated manufacturing region dengan Jepang dan Cina sebagai motor pertumbuhan ekonomi kawasan.

Lantas, Asia Pasific Economic Cooperation menerbitkan forum ekonomi regional yang beranggotakan 21 negara di lingkar Asia Pasifik pada tahun 1989 perihal berhasil meningkatkan pertumbuhan interdependensi di Asia-Pasifik.

hildapohan Multiple learn.

Work Hard

hildapohan
37 sec read

Easy to Changes

hildapohan
45 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *