Pernah kah kamu mengunjungi profile seseorang di Instagram dan mendapati tulisan “Blog Pribadi” di bionya, benar, akun tersebut adalah akun bisnis. Akun Instagram terdiri dari 2 jenis, yaitu akun pribadi dan akun bisnis. Salah satu kategori akun bisnis di Instagram adalah Personal Blog atau Blog Pribadi.

Kamu bisa melihat daftar akun bisnis dengan kategori blog pribadi pada link berikut https://www.instagram.com/categories/accounts/2700/.

Ada banyak alasan mengapa orang dengan profile biasa ingin mengubah jenis akunnya menjadi akun bisnis atau lebih tepatnya personal blog. Salah satu alasannya adalah dengan membuat profile blog pribadi, akan dengan mudah melihat insight pada akun kita.

Bahkan banyak juga artis dengan akun IG terverifikasi atau verified menggunakan jenis akun personal blog ini.

Nah, Kali ini saya akan membagikan cara membuat blog pribadi di Instagram atau lebih tepatnya memunculkan tulisan blog pribadi/personal blog pada akun Instagram. Selain cara membuat dan memunculkannya, saya juga akan membagikan cara menghilangkan tulisan personal blog/blog pribadi ini di akun Instagram.

Tapi, sebelum memutuskan untuk mengubah jenis akun Instagram, kamu harus mengetahui apa saja manfaat dan kerugian mengubah jenis akun Instagram ke personal blog.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Seperti yang saya katakan tadi, bahwa ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum kamu, hal-hal tersebut adalah :

1. Pisahkan akun pribadi dan akun blog pribadi

ilustrasi akun personal blog instagram

Tujuan kamu membuat akun blog pribadi di Instagram pastinya agar terlihat lebih profesional kan? Maka dari itu kamu harus membuat akun pribadi juga untuk membagikan hal-hal yang sifatnya personal.

Karena pada akun personal blog IG, kita tidak bisa mengubah akun menjadi private. Akun yang sudah diubah menjadi blog pribadi semua kontennya akan bisa dilihat oleh publik.

Jadi sebelum membuat blog pribadi di Instagram pastikan kamu punya dua akun ya.

2. Siapkan kontak khusus untuk akun blog pribadi

kontak khusus akun personal blog ig

Untuk menambah kesan profesional pada akun Instagram personal blog, ada baiknya kamu menyiapkan kontak khusus untuk akun blog pribadi kamu. Agar orang-orang yang ingin menghubungi kamu bisa lebih mudah, dan juga kontak pribadi kamu tidak terganggu.

3. Kamu dapat melihat insight akun Instagram kamu!

ilustrasi insight pada instagram

Salah satu fitur yang paling bermanfaat jika kamu membuat personal blog di IG adalah kamu bisa melihat insight akun kamu. Dengan fitur insight report ini, kamu bisa melihat bagaimana perkembangan akun kamu. Mulai dari orang dengan rentang umur berapa yang kebanyakan menjadi pengikut kamu.

Kamu juga bisa melihat perbandingan followers dengan gender laki-laki dan perempuan. Gimana? Tertarik kan? Selain laporan usia dan gender ada banyak juga laporan lainnya.

4. Bisa mengembalikan profile blog pribadi menjadi akun pribadi lagi

Jika kamu sudah mengubah akun Instagram kamu menjadi personal blog dan ingin kembali lagi atau menghilangkannya. Tenang saja, hal itu bisa dilakukan! Jadi kamu tidak perlu khawatir akun Instagram kamu tidak bisa balik lagi jadi akun biasa. Caranya bagaimana? Di bawah akan saya jelaskan.

Cara Menambahkan Tulisan Blog Pribadi di Profile Instagram

Setelah mengetahui hal-hal penting yang harus diperhatikan sebelum membuat personal blog di Instagram, saatnya masuk ke caranya. Simak baik-baik bagaimana cara membuat blog pribadi di bio Instagram.

mengubah jenis akun instagram

Cara membuat tulisan blog pribadi di IG bisa kamu coba melalui aplikasi IG pada handphone android maupun iPhone. Jadi, pastikan untuk memasang aplikasi instagram terlebih dahulu di handphone kalian. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Instagram di smartphone kamu.
  2. Kemudian login menggunakan akun Instagram yang ingin kamu ubah menjadi personal blog.
  3. Pergi ke profile lalu masuk ke pengaturan.
  4. Masuk ke menu Akun lalu pilih opsi Beralih ke Akun Profesional.
  5. Selanjutnya kamu pilih yang Bisnis (lihat pada gambar).
  6. Lalu pilih kategori Blog Pribadi pada pilihan yang muncul.
  7. Berikan kontak seperti alamat email, nomor hp, atau alamat.
  8. Terakhir, hubungkan akun IG anda ke halaman facebook jika ada.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, silahkan cek profile kamu. Jika tulisan personal blog/blog pribadi belum ada, cek kembali apakah ada langkah yang terlewat atau tidak.

Mau tau cara dapat like banyak di Instagram? baca panduannya di sini Panduan Lengkap Mendapatkan Banyak Like di Instagram

Cara Mengganti Kategori Blog Pribadi Instagram

mengganti kategori akun ig

Setelah akun kamu sudah berubah menjadi blog pribadi, kamu juga bisa mengubah blog pribadi ke kategori lainnya. Simak langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi instagram di handphone kamu.
  2. Login menggunakan akun instagram kamu yang ingin diubah kategori akunnya.
  3. Pergi ke halaman profile instagram.
  4. Kemudian Edit profile.
  5. Kamu harus memilih opsi Kategori.
  6. Pilih kategori baru yang kamu inginkan.
  7. Dan terakhir, tap tombol Selanjutnya untuk menyimpan perubahan.

Cara Menghapus Tulisan Blog Pribadi di Instagram

menghapus tulisan blog pribadi instagram

Seperti yang saya katakan tadi, bahwa akun blog pribadi ini juga memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa diprivate. Jika kamu ingin kembali beralih menjadi akun biasa atau menghilangkan blog pribadi/personal blog di akun Instagram, simak tutorial berikut ini.

  1. Masuk ke menu pengaturan akun instagram kamu.
  2. Buka menu Akun.
  3. Gulir ke bawah kemudian pilih Beralih ke Akun Pribadi.
  4. Lalu tap beralih kembali (lihat pada gambar).

Selamat, akun kamu sudah kembali lagi menjadi akun pribadi dan tulisan personal blog di bio Instagram kamu sudah hilang.

Kesimpulan

Membuat blog pribadi di Instagram itu mudah sekali. Selain mudah, banyak juga manfaat yang didapatkan setelah berhasil mengubah akun Instagram menjadi personal blog. Walau begitu ada juga kerugiannya, namun tidak seberapa dan bisa diatasi.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *