Di zaman sekarang ini kita tidak bisa terlepas dengan yang namanya sosial media. Tapi ada juga orang-orang yang memutuskan untuk tidak bermain sosial media karena alasan tertentu. Seperti penulis sendiri memutuskan untuk tidak bermain Instagram.

Kalian semua pasti tahu sudah tidak asing lagi dengan Instagram. Benar sosial media dengan skema berbagi foto yang banyak sekali digandrungi oleh anak muda. Yang dimaksud anak muda di sini adalah yang rentang usianya 17-24 dan 25-34.

Menurut laporan NapoleonCat, hingga November 2019, jumlah pengguna aktif bulanan Instagram di Indonesia dilaporkan telah mencapai 61.610.000. Artinya, ada sekitar 22,6%, atau nyaris seperempat total penduduk Indonesia adalah pengguna Instagram.

grafik pengguna instagram, data.

Pada akhir tahun 2019 juga, Instagram sempat menghilangkan jumlah like pada postingan. Peraturan baru tersebut sudah berlaku di negara-negara seperti US dan Canada. Di Indonesia sendiri sempat diberlakukan, namun jumlah like tersebut dimunculkan lagi oleh Instagram.

Nah, bagi kalian para pengguna Instagram pastinya ingin dong foto yang kalian upload banyak yang menyukai atau like. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kiat-kiat hingga ke cara instant bagaimana mendapatkan banyak like di Instagram. Berikut adalah berbagai cara agar foto di Instagram mendapat banyak like.

Cara Natural Mendapatkan Banyak Like di Instagram

1. Perhatian konten

konten rapih di instagram

Perbanyak upload foto yang sesuai dengan karakter, pasion, atau hobi kamu. Misal kamu suka olahraga, nah kamu bisa upload foto sedang berada di gym, sedang angkat beban, upload foto persiapan gym kamu, dan jangan lupa tulis caption yang menarik di fotonya.

2. Pastikan kualitas foto sudah bagus

Kebanyakan orang menyukai foto di instagram adalah karena kualitas foto yang bagus. Foto berkualitas ini memang jadi salah satu cara mendapatkan banyak likes lho. Yang dimaksud kualitas foto sudah bagus adalah fotonya tidak buram atau blur.

Semua orang pasti suka melihat berbagai hal yang menyenangkan dan indah. Jadi, sebelum memutuskan mem-posting ada baiknya kamu memperhatikan detail foto yang akan kamu posting. Nggak ada salahnya untuk mengedit foto misalnya mencerahkan warna atau mengatur kompisinya.

Baca juga  Pengertian Surel dan Sejarahnya

3. Gunakan tagar atau hashtag saat upload

gunakan hastag

Menggunakan hashtag tidak hanya membuat followers Instagam kamu bertambah, tetapi juga akan membuat foto yang kamu upload tersebut meningkat jumlah like atau suka nya. Memakai hashtag akan membuat foto kamu dikelompokkan, dan mudah untuk dicari oleh pengguna Instagram lainnya dengan mencari keyword tertentu. Jadi foto kamu akan mendapatkan lebih banyak like, apalagi menggunakan lebih banyak hashtag/tagar dalam foto yang kamu upload tersebut.

Baca juga: 6 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop/PC sampai Bersih

Namun, Instagram membatasi menggunakan hashtag berlebihan di setiap foto yang kamu upload, jumlah maksimal hashtag/tagar yang diperbolehkan adalah 30, dan jumlah caption di setiap foto adalah 2200 karakter.

Saran saya, Sebaiknya kamu jangan terlalu banyak memasukkan tagar, karena bisa dianggap spam oleh Instagram nanti. Cukup masukkan sekitar tiga sampai lima tagar yang berkaitan dengan foto yang kamu upload.

4. Tag temanmu saat punya foto menarik

tag teman untuk dapat banyak like

Punya banyak teman di Instagram? Nah ini saatnya kamu memanfaatkan temanmu tapi tetap dengan tujuan yang baik. Kalau kamu sering wefie lalu posting di Instagram, jangan lupa tag teman-temanmu. Ini cara paling mudah yang bisa kamu lakukan jika ingin mendapatkan banyak like. Selain like dari teman-temanmu yang di-tag kamu juga akan dapat likes dari orang lain yang mem-follow temanmu.

5. Tulis caption yang menarik

caption menarik

Supaya foto kamu banyak yang like, jangan lupa tulis keterangan di foto yang kamu upload tersebut. Usahakan tulis caption atau keterangan yang menarik dan unik, beda dai yang lain. Kamu juga bisa menulis lokasi foto diambil, serta sedikit kata yang menggambarkan foto yang kamu upload itu.

6. Gunakan atau Tambahkan lokasi

tag lokasi agar like banyak

Selain hashtag orang juga mencari sesuatu di Instagram melalui lokasi. Ketika orang lain mencari foto di Instagram dengan lokasi tertentu maka orang tersebut akan menemukan foto yang kamu posting. Melihat foto kamu ternyata bagus bagi mereka, maka mereka akan memberikan like atau pun berkomentar.

7. Tandai akun populer

tag aku populer di instagram

Saya yakin Hamidz akan marah saat melihat foto di atas, hahaha. Ini juga penting untuk menambah like banyak di ig. Bila foto/video kamu bertema komedi, jangan lupa untuk tag atau mention akun-akun komedi yang banyak followersnya. Siapa tau mereka melihat dan merepostnya. Foto di atas jangan dicontoh tapi ya.

8. Upload foto yang sedang trending

upload foto yang sedang trend

Kamu bisa melihat sekarang orang-orang di ig lagi banyak upload foto seperti apa atau para selebgram, tiru dan upload juga foto atau video yang lagi trending tersebut, lalu jangan lupa untuk memasukkan hashtag dan tag akun-akun populer atau akun berita. Selain mendapat like banyak, siapa tahu kan foto atau video kamu akan di-repost.

Baca juga  Cara Reset iCloud Jika Lupa Password

9. Foto dengan orang terkenal

foto dengan orang terkenal biar dapet banyak like di ig

Kali ini beneran foto dengan orang yang terkenal ya bukan edit seperti di atas tadi. Dengan kamu foto dengan orang terkenal seperti gubernur, artis, youtuber dan lainnya. Lalu kamu bisa tag dia dalam foto kamu dan kamu pun akan mendapatkan banyak like pada foto tersebut.

10. Upload foto pada waktu yang tepat

Bila foto yang kamu upload sudah mengikuti kiat-kiat di atas, tapi kamu uploadnya tengah malam, jangan harap akan mendapatkan like banyak. Paling beberapa teman kamu saja yang begadang like foto kamu.

Baca juga: Cara Mengatasi dan Ciri-ciri VGA Tidak Terdeteksi

Waktu yang pas untuk posting foto ke Instagram adalah di saat menjelang malam, atau setelah jam makan malam. Karena, di malam hari orang banyak yang beristirahat dan menghibur dirinya dengan bermain handphone. Selain malam hari, waktu yang pas untuk upload foto ke Instagram adalah saat jam makan siang, serta saat subuh.

11. Hindari upload foto di malam minggu

Di malam minggu banyak orang yang sibuk, sibuk keluar sama pasangannya, sama keluarganya, sibuk nongkrong, dan sibuk lainnya. Orang-orang akan sibuk bercengkrama dibandingkan bermain handphone. Makanya, jika upload foto atau update status pada malam minggu, akan jarang ada interaksi.

12. Setelah upload foto, berikan like dan komentar pada foto teman

ngasiih like dan komen di foto temen

Setelah selesai posting foto, coba berikan like atau komentar pada foto atau video teman kamu. Biasanya teman kamu akan notice atau bahkan cek profile kamu dan sadar kamu baru saja posting foto. Jadi teman kamu akan like dan beri komentar balik pada foto yang baru kamu posting.

13. Update di Instastory

update instastory

Screenshot profil ig kamu atau foto yang baru kamu upload setelah selesai upload foto baru. Lalu, update screenshot tersebut ke Instagram Story, sembunyikan foto yang baru diupload tersebut, dan tulis kalimat “new post”. Dengan begitu, followers kamu yang sering lihat snapgram kamu akan mengetahui kalau kamu posting foto baru.

14. Share ke sosial media lainnya

share ke sosmed lain

Jangan lupa untuk membagikan foto yang baru saja kamu upload di Instagram ke sosial media lainnya, seperti Facebook, Twitter, dan lainnya. Dengan membagikan foto ig kamu ke sosial media lain, teman-teman kamu akan mengetahui bahwa kamu upload foto baru di Instagram, dan mereka akan mengunjungi nya. Jangan lupa saat share tulis caption suruh like fotonya.

15. Atur jeda waktu posting foto

Jangan banyak upload foto pada waktu yang bersamaan, contohnya dalam satu menit kamu upload 10 foto, pasti teman kamu bosan melihat, karena di berandanya akan penuh dengan foto kamu. Bukannya foto kamu dilike, bisa-bisa malah kamu diunfollow sama mereka. Beri jeda waktu saat posting, misalnya 1 hari 1 foto, dan sebagainya.

Baca juga  Mengenal Apa Itu Github Hingga Ragam Kegunaannya

16. Jadi pengguna aktif

aktif di instagram medatangkan banyak followers dan like

Usahakan agar kamu meluangkan sedikit waktu untuk membalas komentar pada foto-foto kamu atau orang yang kamu follow. Jangan lupa juga untuk menyukai foto-foto mereka. Dengan kamu aktif, makan teman-teman kamu di Instagram yang aktif akan kembali juga mengomentari dan memberikan like pada foto kamu.

Baca juga: Cara Mengubah Bahasa di Mozilla Firefox

Itu lah 16 kiat agar foto yang kita posting di Instagram mendapatkan banyak like. Selanjutkan akan saya jelaskan cara mendapatkan banyak like di instagram secara instan menggunakan tools. Simak baik-baik caranya.

Cara Instan Dapat Ratusan Like, Komentar, dan Followers Instagram Asli Menggunakan Tools

Perlu dipahami bahwa cara ini adalah cara yang abu-abu, maksudnya adalah tidak tahu dibenarkan dan diperbolehkan oleh Instagram atau tidak. Karena kita akan menggunakan aplikasi dan web pihak ketiga, saya anjurkan jangan menggunakan cara ini terlalu sering.

Jika sudah paham, yuk lanjut.

  1. Pertama-tama, silahkan buka situs ini : https://instagram.followergratis.co.id/
  2. Jika sudah, nanti tampilannya seperti ini, scroll ke bawah dan klik pada tulisan Login Auto Followers & Auto Likes Instagram.
tutorial 1
  1. Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman login, di sana silahkan kamu masukkan username dan password Instagram kamu. Nah, kamu tidak perlu khawatir jika nanti akun kamu akan dihack atau diganti passwordnya, karena banyak orang sudah mencoba situs ini dan akun mereka masih aman sampai saat ini.
tutorial 2
  1. Setelah masukkan username dan password Instagram kamu, klik Login dan nanti tampilannya seperti di bawah ini.
tutorial 3
  1. Di sini kamu akan mendapatkan beberapa followers dan like gratis. Klik pada +Followers atau +Likes sesuai keinginan kamu.
  2. Jika kamu memilih +Followers, maka silahkan tunggu saja prosesnya. Tapi jika kamu memilih +Likes maka kamu akan diarahkan ke halaman baru untuk memilih foto mana yang ingin kamu beri banyak.
tutorial 4
  1. Jika sudah, klik pada Add Likes kemudian tunggu beberapa saat.
tutorial 5
  1. Selamat! Sekarang kamu sudah mendapatkan Followers dan Likes banyak secara gratis.
tutorial 6
tutorial 7
  1. Terakhir tinggal logout dari situs ini lalu login kembali ke akun kamu di aplikasi Instagram dan lihat hasilnya. Jika kamu juga ingin menambahkan komentar maka kamu bisa menggunakan +Komentar.
tutorial 8
tutorial 9
tutorial 10

Oiya, poin yang kamu dapat saat pertama kali login adalah sebanyak 15 Poin. Kamu bisa menambah poin tersebut dengan membagikan situs ini ke akun sosial media kamu. Perlu diketahui bahwa Poin akan direset ke 15 untuk setiap harinya pada pukul 00.00 WIB.

Jadi itu lah kiat-kiat dan berbagai cara untuk memperbanyak like di Instagram. Intinya jika kamu aktif menggunakan Instagram dan posting foto yang bagus dan menarik serta captionnya menarik juga, kamu akan dengan mudah mendapatkan banyak like dan followers di Instagram.