Kamu lagi mencari cara bagaimana print bolak balik di word? Atau cara print bolak balik file PDF? Pas banget, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan caranya!

Di era yang serba digital ini ngeprint dokumen biasa atau pun bolak balik adalah salah satu skill yang harus kita miliki. Pasalnya walau sekarang sudah ada teknologi surel (email) dan penyimpanan digital seperti flashdisk, kita tetap saja membutuhkan dokumen fisik.

Karena tidak selamanya data yang tersimpan pada penyimapan digital itu aman, bisa saja terkena virus atau rusak (corrupt). Walau hal itu jarang terjadi, namun tetap saja di beberapa instansi atau perusahaan, dokumen fisik tetap dibutuhkan.

Selain dokumen fisik masih dibutuhkan, print bolak balik ini bisa jadi tips untuk menghemat kertas. Bagaimana tidak, yang biasanya kamu print 100 halaman membutuhkan 100 lembar kertas jika diprint bolak balik hanya membutuhkan 50 lembar.

Sayangnya, masih jarang orang yang mengetahui cara print bolak balik ini. Maka dari itu, di artikel ini saya akan membagikan bagaimana cara print bolak balik word dan PDF. Tapi sebelum masuk ke tahap-tahapnya, pastikan dulu apakah printer kamu mendukung print bolak balik.

Untuk mengetahui printer yang kamu punya itu bisa digunakan untuk print secara bolak balik, simak lebih lanjut di bawah. Oia, cara ini berlaku juga untuk macOS MacBook ya.

Ketahui Fitur Printer Anda

duplex printing

Ada beberapa printer yang sudah mendukung duplex printing (bolak-balik), seperti printer epson l360 dan epson l3110. Karena sudah saya katakan sebelumnya, sebelum mencetak dokumen secara bolak-balik, ketahui dulu apakah printer yang kamu gunakan mendukung duplex printing (bolak-balik) atau tidak. Caranya yaitu :

Melalui Microsoft Word

Cara yang pertama adalah menggunakan Microsoft Word. Bukan MS Word di komputer atau laptop, kemudian tekan Print dan cari kotak yang mengindikasikan percetakan dua sisi, seperti Double-Sided, 2-Sided atau Duplex. Oiya, selalu periksa preferensi atau pengaturan dalam menu Print sebelum kamu mencetak dokumen.

Lihat buku panduan printer kamu

Lihat spesifikasi printer secara manual di buku panduan jika kamu tidak bisa menemukan menu percetakan duplex di Word. Buku panduan printer biasanya menyajikan informasi apakah printer mendukung percetakan dua sisi.

Jika buku panduan printer kamu hilang, di website official HP, Canon, dan Epson biasanya ada manual yang bisa diunduh dalam bentuk PDF.

Cek di internet

Jika kamu masih tidak menemukannya juga, kamu bisa cari informasi secara online mengenai spesifikasi dan fitur printer yang kamu punya. Caranya cukup kunjungi situs resmi dari produsen printer kamu atau cari saja di Google dengan kata kunci seri printer kamu, misalnya “print bolak balik epson l3110”.

Setelah mengecek dan mengetahui printer yang kamu gunakan ternyata sudah mendukung percetakan duplex, maka kamu sudah dapat langsung mencetak secara bolak balik secara otomatis. Namun juga printer kamu tidak mendukung duplex printing, kamu bisa print bolak balik secara manual. Berikut cara print bolak balik.

Cara Print Bolak Balik Secara Otomatis

  • Langkah Pertama, buka file word yang ingin kamu print secara bolak balik, lalu buka halaman print pada MS Word.

Kemudian klik menu File di halaman utama Word, lalu klik Print yang ada pada kolom sebelah kiri layar. (Lihat pada Gambar)

print bolak balik otomatis
  • Langkah Kedua, atur setting print menjadi Print on Both Sides.

Pada halaman Print, klik pengaturan di bawah tulisan Pages dan pilih Print on Both Sides. Jika printer kamu mendukung, maka pilihan ini akan muncul.

print on both sides

Setelah kamu mengatur halaman untuk diprint, kamu tinggal klik Print. Maka file atau dokumen kamu di Word akan diprint secara otomatis dengan format bolak balik.

Akan tetapi jika pengaturan otomatis tidak tersedia, maka kamu harus mengaturnya secara manual. Kamu mungkin harus mengubah pengaturan default menjadi duplex printing setiap kali hendak mencetak dokumen yang panjang. Simak caranya di bawah.

Cara Print Bolak Balik Secara Manual

Cara print bolak balik secara manual ini sebenarnya tidak sulit. Namun, ketika kamu sedang melakukan ini jangan meninggalkan printer yang sedang dalam proses printing.

Pasalnya, Microsoft Word akan mencetak setiap halaman yang ada di sisi pertama lembar kertas terlebih dahulu. Setelah itu kamu harus membalik kertas tersebut agar halaman selanjutnya bisa dicetak di sisi lain kertas.

Kalau dokumen yang kamu cetak lumayan banyak, maka cara ini memang cukup memakan waktu.

Simak caranya sebagai berikut.

  • Langkah pertama, buka file word yang ingin kamu cetak secara duplex, lalu pada Halaman Print pilih Manually Print on Both Sides.

Masuk ke File pada Word, lalu pilih kolom Print dan pilih Manually Print on Both Sides.

Print Bolak Balik Secara Manual
  • Langkah kedua, print lembar bagian belakang.

Pada pilihan Manually Print on Both Sides, tertulis penjelasan untuk megisi ulang kertas yang sudah diprint. Saat ada perintah, letakkan kertas bagian belakang yang masih kosong ke dalam printer secara benar.

Selain cara ini, kamu dapat menggunakan cara manual lainnya, lho. Yaitu dengan mencetak kertas dengan halaman ganjil genap secara terpisah. Simak caranya berikut.

Baca juga: Cara Membuat Blog Pribadi di Instagram Terbaru 2020

Cara Print Bolak Balik dengan Ganjil Genap

Cara ini sebenarnya sama saja dengan cara Manually Print on Both Sides.

  • Langkah pertama, Pilih Only Print Odd Pages di Halaman Print.

Masuk ke halaman Print di Word, lalu pilih Only Print Odd Pages di bawah tulisan Settings. Lalu klik Print.

print duplex manual
  • Langkah kedua, Kembali ke Halaman Print, Pilih Only Print Even Pages.

Setelah selesai mencetak, masukan ulang kertas yang sudah dicetak pada bagian belakang yang masih kosong. Lalu pilih Only Print Even Pages dan print.

even odd pages

Cara ini lebih cocok jika kamu ingin mengatur secara manual cara mencetaknya.

Cara Print Bolak Balik di PDF Secara Otomatis

Dokumen tidak selalu berbentuk file Word, kadang kala ada beberapa dokumen dengan format PDF. Kamu juga bisa mencetak file PDF ini secara bolak balik lho. Sebelum itu, kamu harus download dan install terlebih dahulu Adobe Acrobat Reader DC.

Jika sudah menginstallnya, lanjut ke tutorialnya.

  • Langkah pertama, buka file PDF yang ingin diprint, lalu pilih Print.
print bolak balik pdf
  • Langkah kedua,  atur Booklet subset jadi Both Sides, lalu print.

Pilih Booklet pada kolom Page Sizing & Handling, lalu ubah Booklet subset ke Both Sides. Setelah selesai baru Print.

pdf both sides

Itu dia cara yang dapat kamu gunakan untuk print bolak balik file PDF, tentu cara ini hanya bisa digunakan jika printer kamu mendukung duplex. Jika printer kamu tidak mendukung duplex printing, ikut cara di bawah.

Cara Print Bolak Balik di PDF Secara Manual

Jika printer kamu tidak mendukung duplex printing, maka kamu bisa melakukannya secara manual seperti pada Word.

  • Langkah pertama, masuk ke halaman Print, lalu pilih Odd Pages Only.

Masuk ke file lalu print, pilih Odd Pages Only pada kolom Odd or Even Pages. Lalu, klik print.

pdf manual
  • Langkah kedua, kembali ke halaman Print, lalu pilih Even Pages Only

Sama halnya seperti di Word, kamu tinggal mencetak sisa halamannya. Pilih Even Pages Only, kemudian klik Print.

print bolak balik manual

Kesimpulan

Print di dua sisi kertas ini sangat membantu untuk mengurangi limbah kertas dan membatasi penggunaan kertas. Seperti yang kita ketahui, beberapa bulan yang lalu di Indonesia sedang terjadi bencana asap yang cukup besar akibat pembakaran hutan di beberapa provinsi di Sumatra dan Kalimantan.

Kamu pun tentu tahu bahwa bahan dasar pembuatan kertas berasal dari kayu. Apabila hutan-hutan di Indonesia habis terbakar dan ditebangi, tentu pohon, sebagai bahan baku pembuatan kertas, juga semakin sedikit dan hutan di Indonesia semakin rusak.

Maka dari itu, print bolak-balik ini sangat efektif untuk menghemat kertas dan juga mengurangi penebangan pohon di Indonesia bahkan dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *