Sejarah Perkembangan Laptop dari Awal Sampai Sekarang

sejarah perkembangan laptop dari awal hingga sekarang

Laptop merupakan komputer yang mudah dibawa kemana-mana. Nama laptop ini terinspirasi dari cara kita menggunakannya di pangkuan yaitu “lap top”.

Laptop menggunakan sumber daya baterai. Juga, gunakan adaptor A/C untuk mengisi daya baterai.

Baterai laptop biasanya bertahan sekitar 1-6 jam, tergantung penggunaan, ukuran baterai, dan spesifikasi laptop. Notebook atau komputer notebook adalah istilah lain dari laptop.

Laptop dan komputer desktop biasanya memiliki fitur yang sama. Karena komponennya sama, yang membedakan hanya ukurannya.

Di laptop, produsen mengurangi ukuran dan berat komponen, membuatnya tidak terlalu panas, dan menghemat energi.

Sejarah Penemuan dan Pencetus Laptop

adam osborne
Sumber AMT-IT

Dimulaipada awal 1970-an, diskusi berbagai pakar tentang perkembangan perangkat komputasi portabel berubah menjadi perdebatan serius antara produsen dan desainer PC.

Melalui Alan Key Fruit, seorang penulis buku komputer yang juga memiliki pencetak buku. Setelah itu muncul berbagai jenis mikrokomputer dengan fungsinya masing-masing.

Dalam bukunya, Alan menjelaskan konsep dasar komputer yang bisa dibawa kemana-mana dan tidak perlu terkoneksi.

Konsep ini juga dikenal sebagai manipulator informasi portabel pribadi. Sejarah laptop dimulai di sini. Pada akhirnya, ide menjadi kreasi teknologi yang banyak digunakan.

Alan Key Pencetus Laptop

adam osborne penemu laptop

Alan Key sendiri adalah seorang ilmuwan komputer dari Amerika yang memiliki ide untuk membangun laptop pertama.

Ia kemudian dibantu oleh penerbit perangkat lunak Adam Osborne, yang juga menerbitkan buku di Amerika Serikat.

Alan adalah pencetus ide awal untuk membuat laptop, tetapi bukan dia yang akhirnya menemukan laptop. Sejarah laptop pertama dimulai pada tahun 1975 dengan Adam Osborne.

Untuk mewujudkan idenya, ia bekerja dengan pemilik perusahaan Felsenstein, produsen perangkat keras dan ahli dalam pembuatan sirkuit prosesor.

Adam Osborne Penemu Laptop

alan key penemu teori laptop

Sejarah laptop dimulai pada tahun 1975 dengan dirilisnya IBM Portable PC 5100. Itu adalah komputer mikro pertama yang dirancang khusus untuk tujuan matematika dan teknik.

Kemudian muncul produk dengan kemampuan yang lebih komprehensif, seperti Rockwell AIM 5, IBM Portable PC 5110, dan Heathkit H9.

Pada tahun 1981, Osborne Computer Corporation berhasil membangun perangkat yang disebut Osborne 1.

Meski masih memiliki banyak kekurangan, perangkat ini bisa dikatakan sebagai komputer jinjing pertama.

Saat pertama kali diperkenalkan, Osborne 1 memiliki berat hingga 24 kilogram dan dirancang khusus agar muat di bawah kursi penumpang pesawat.

Osborne 1 adalah komputer mikro yang memulai sejarah laptop. Laptop ini hanya berukuran 5 inci dan memiliki keyboard yang terhubung langsung ke monitor.

Laptop tersebut awalnya diproduksi secara massal dan harga laptop tersebut mencapai $1.795 atau sekitar Rp 16 juta. Harganya cukup tinggi, sehingga tidak semua orang mampu membelinya.

Komputer Portabel IBM

laptop IBM pertama

Pada saat yang sama, IBM menjual komponen PC secara terpisah, sehingga orang-orang tertarik dengan Osborne 1, yang portabel dan dapat langsung digunakan.

Namun, reputasi perusahaan Osborne terpukul ketika dia berbohong pada awal 1983 bahwa dia sudah memiliki dua desain komputer canggih yang siap dipasarkan.

Pada kenyataannya, itu hanya cara bagi perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Akibatnya, penjualan Osborne 1 turun secara signifikan.

Sejarah laptop ini adalah tulang punggung pendapatan Osborne. Pada 13 September 1983, Osborne Computer Corporation dinyatakan bangkrut, mengakhiri penjualan Osborne 1.

Namun, ini terbukti menjadi tren baru di dunia komputasi, dan akhirnya produsen lain mengikuti jejak Osborne dan meluncurkan produk laptop mereka sendiri… Sejarah laptop terus berlanjut.

Pada akhirnya, laptop saat ini telah membawa banyak manfaat bagi pengguna melalui pengembangan. Karena penerapannya sederhana, cepat dan praktis.

Bentuknya beragam, memiliki desain yang menarik, dan hampir semua laptop yang tersedia saat ini ringan dan minimalis.

Fitur yang ditawarkan juga sangat menarik. Beberapa laptop sudah memiliki kemampuan layar sentuh dan perangkat lunak dan perangkat keras yang lebih baik daripada di masa-masa awal.

Kedepannya, di masa depan laptop akan memiliki kemampuan yang lebih maju, karena ilmu di bidang teknik kini berkembang pesat dan dikembangkan oleh para ilmuwan.

Sejarah Perkembangan Laptop dari Masa ke Masa

Setelah mengetahui perkembangan laptop dari awal, siapa pencetusnya dan siapa yang menciptakannya pertama kali, sekarang mari masuk ke bagian perkembangan laptop dari awal sampai saat ini.

1. IBM Portable PC 5100 (1975)

IBM Portable PC 5100 (1975)
Sumber Nesabamedia

IBM Portable PC 5100 adalah komputer mikro pertama. Fitur-fiturnya digunakan terutama sebagai insinyur dan untuk kebutuhan ahli matematika (matematicians).

IBM 5100 sangat kecil sehingga muat di tas dan mudah dibawa-bawa ke satu tempat. Yah, seperti namanya, IBM “Portable”.

2. Rockwell AIM 65 (1977)

Rockwell AIM 65 (1977)

Setelah IBM Portable dikembangkan di Rockwell AIM 65 (komputer mikro kedua) tetapi lebih lengkap dari yang sebelumnya karena memiliki layar dan keyboard serta printer kertas.

3. IBM Portable PC 5110 (1978)

 

IBM-Portable-PC-5110

Komputer jenis ini merupakan versi komputer bisnis portabel yang dikembangkan dari IBM 5100 (komputer IBM sebelumnya yang diluncurkan tahun 1975).

4. Heathkit H89 (1979)

Heathkit H89

Heathkit H89 all-in-one ini dirilis oleh Heathkit pada tahun 1979 tepatnya di akhir tahun. Heathkit adalah nama merek kit dan produk elektronik lainnya yang diproduksi dan dipasarkan oleh Perusahaan Heath.

5. Osborne 1 (1981)

Osborne 1

Osborne Computer Corporation menciptakan komputer notebook versi pertama, yaitu Osborne 1, pada tahun 1981.

Meskipun merupakan versi pertama, komputer jenis ini memiliki banyak kekurangan dan keterbatasan dan masih perlu ditingkatkan dan dikembangkan lagi.

Keterbatasannya hanya dapat menampilkan 51 karakter/baris teks, layar hanya memiliki 5 garis diagonal dan memiliki tas jinjing.

Osborne 1 memiliki 2 floppy disk drive, beratnya sekitar 10 kg, memiliki mesin CPU 8. Pada tahun 1981, Osborne 1 diterima secara luas, sehingga volume produksi meningkat.

6. Gavilans (1983)

gavilan computer 1983

Gavilans Mobile Computer diluncurkan pada tahun 1983, beratnya 4 kg (dibandingkan dengan laptop saat ini yang cukup berat), menggunakan baterai nikel-kadmium dan dapat bertahan hingga 9 jam, RAM 64K dan dapat ditingkatkan hingga 128K, memiliki mouse/touchpad yang terletak di depan di atas keyboard, memiliki prosesor Intel 8088 5MHz dan floppy drive.

Baterai yang digunakan membuat perangkat ini semakin premium dan merupakan kombinasi antara desain dan performa tahun ini. Keunggulan lainnya adalah perangkat mobile PC pertama yang dipasarkan dengan merek laptop.

Setelah tampil di Osborne 1, Bill Gates mempresentasikan idenya untuk sebuah laptop dengan layar icd. Seorang karyawan Microsoft bernama Kazuhiko Nishi datang dengan ide untuk memproduksi gubuk radio prototipe.

Berat perangkat ini adalah 2 kg, radio shack trs-80 versi 100 komputer seluler dengan modem, editor teks, program telekomunikasi dan program yang dirancang oleh Microsoft.

Pada tahun 1984, IBM mengembangkan PC Portabel 5155 menjadi perangkat yang memiliki berat 13,6 kg dan memiliki layar 9 inci.

7. Compaq SLT 289 (1984-1988)

Compaq SLT 286 computer

Compaq juga tidak ingin ketubggakab keunggulan kompetitifnya dalam pengembangan laptop. Compaq merilis produk yang disebut Compaq SLT 286 dengan revolusi VGA.

Ini memiliki prosesor 12Mhz, hard drive 20Mb, floppy disk 1,44, berat 6,3kg, dan keyboard dapat dipisahkan dari laptop itu sendiri. Komputer portabel pertama yang bisa dibawa ke dalam pesawat.

8. Minisport (1990-an)

Minisport computer

Perkembangan laptop pada tahun 1990-an menandai revolusi terbesar, dimulai dengan minisport yang dikembangkan oleh Zenith Data Systems yang menampilkan floppy disk 1,44 inci, RAM 640 Kb, hard disk Esdi 20 MB, dan modem 2400 baud.

Pada 1990-an, pembuat Macintosh dan Macintosh portabel membuat langkah besar, dengan laptop seberat 8 kg, versi matriks aktif dengan layar 9,8 inci, resolusi layar 640 x 400 piksel, desain yang kuat dan kokoh, dan dilengkapi dengan trackball.

Layar 256 warna adalah pilihan utama untuk laptop 1993 seperti Powerbook 165

9. Toughbooks (1996-2003)

panasonic toughbooks

Panasonic dan Intel juga membuat laptop mereka sendiri, dengan fokus pada segmen PC mobile yang tangguh, laptop andalan saat ini, Toughbook (cf-25).

Desain buku tangguh ini didasarkan pada keunggulan “bertahan” jatuh dari ketinggian 70 cm. Apalagi laptop ini tahan terhadap kelembapan dan debu.

10. Laptop Masa kini (2003-sekarang)

laptop masa kini
Sumber RuangLatop

Selama bertahun-tahun, laptop masa kini akhirnya berkembang dan cukup matang sebagai hasil dari kemajuan ilmiah teknologi yang semakin canggih yang mendukung perkembangannya.

Laptop saat ini menawarkan banyak manfaat bagi pengguna dan akun penggunaan laptop untuk mayoritas di seluruh dunia.

Karena penerapannya sederhana, cepat dan praktis. Laptop saat ini hadir dalam berbagai bentuk dengan desain yang menarik, dan rata-rata semua laptop yang tersedia saat ini ringan dan ramping.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh laptop masa kini juga sangat menarik. Bahkan beberapa laptop dapat menangani layar sentuh dan perangkat lunak dan perangkat keras lebih baik dari sebelumnya.

Ilmu teknologi berkembang pesat dan terus dikembangkan oleh banyak ilmuwan, jadi mungkin masa depan akan menawarkan lebih banyak kemampuan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Scroll to Top