Pengertian Surel dan Sejarahnya

apa itu surel

Email adalah kependekan electronic mail yang dalam bahasa Indonesia disebut Surat elektronik atau surel. Surel adalah sebuah platform yang digunakan untuk bertukar pesan yang disimpan di dalam komputer.

Dalam hal pemrograman, ini biasanya disandikan menggunakan teks ASCII. Namun, dalam kebanyakan kasus, pengguna juga dapat mengirim file non-teks seperti gambar, video, dan file suara melalui surel ini sebagai lampiran atau attachment.

Surel adalah salah satu fitur pertama yang tersedia di internet dan masih merupakan salah satu fitur yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Hal ini karena kepraktisan surel dalam mengirim dan menerima informasi dari mana saja dari seluruh dunia.

Email berfungsi dengan fungsi yang sama dengan surat kertas tradisional. Akun email berfungsi dengan cara yang sama seperti kotak surat di mana pesan disimpan sampai dibaca oleh pengguna.

Sejarah singkat surel pertama

Aplikasi email pertama yang dibuat di dunia adalah pada tahun 1965 yang merupakan program MIT yang dikenal sebagai “MAILBOX”. Setelah beberapa waktu kemudian, Departemen Pertahanan AS menyatukan program itu dalam jaringan militer mereka serta menamakannya ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) sebab program tersebut berperan dalam pertukaran informasi tanpa harus adanya bentuk fisik. Di tahun 1993, dunia surat elektronik pun terkenal dengan nama email. Saat ini ada ribuan platform penyedia email gratis dengan yang terkenal adalan Gmail dari Google dan Yahoo Mail dari Yahoo.

Berbagai kelebihan menggunakan surel

  1. Pengiriman Gratis

Dibandingkan dengan pengiriman surat dalam bentuk fisik, bentuk tradisional surat yang dikirim, mengirim email tidak dikenakan biaya apa pun; karena tidak perlu membeli perangko ketika kamu harus mengirim pesan kepada orang lain.

  1. Pengiriman Global

Email dapat diakses di mana saja di seluruh dunia. Ini berarti bahwa apabila pengguna akan mengaksesnya dari tempat berbeda yang jauh dari lokasi pengirima, pesan itu masih bisa diakses dengan mudahnya.

  1. Pengiriman Instan

Bentuk surat tradisional biasanya membutuhkan waktu berhari-hari atau malah berminggu-minggu untuk sampai ke alamat tujuannya. Akan tetapi, surel dikirim secara real time dan diterima oleh penerima dalam waktu nyaris sekejap. Ini menjadikan berbagai informasi penting pun dengan mudah bisa diakses. Di samping itu, pengguna tak lagi mesti menanti pesan sampai dalam beberapa hari atau minggu.

  1. Lampiran File

Pengiriman surel yang praktis dan gratis artinya bahwa mengirim file misalnya gambar, dokumen, video, ataupun file audio, tak akan menemui masalah. Hal tersebut pun akan memicu aliran informasi menjadi sangat lancar.

  1. Penyimpanan jangka panjang

Punya layanan email artinya kamu bisa membaca kembali pesan yang dikirimkan beberapa tahun yang lalu. Mengingat data disimpan secara digital, berbagai jenis file bisa disimpan atau diarsipkan via klien email misalnya di Platform Gmail.

  1. Hemat sumber daya

Tak mesti menggunakan berbagai macam sumber daya fisik, misalnya kertas, amplop, perangko yang artinya tak terjadi pemborosan sumber daya. Di samping itu, ini artinya bahwa sumber daya tersebut bisa digunakan untuk sesuatu yang lebih urgen.

Tinggalkan Balasan