20+ Ucapan Ulang Tahun Islami Barakallah Fii Umrik

Ucapan Ulang Tahun Islami

Barakallah fii umrik atau ucapan selamat ulang tahun Islami biasanya diucapkan ketika ada kerabat atau keluarga yang sedang berulang tahun.

Hari ulang tahun adalah hari yang spesial bagi yang berulang tahun. Hari ulang tahun menandai hari lahirnya seseorang ke dunia ini. Dalam beberapa kebudayaan – termasuk budaya di indonesia – pasti ada perayaan memperingati hari ulang tahun.

Perayaan ulang tahun sudah tidak asing lagi bagi kita di Indonesia. Sebagai kerabat yang baik, saat ada teman yang sedang ulang tahun, pasti kita mengucapkan selamat ulang tahun. Hadiah juga biasanya diberikan kepada orang yang sedang ulang tahun.

Selain itu sudah menjadi kebiasaan untuk memperlakukan orang yang sedang ulang tahun secara istimewa. Tapi, kamu tahu nggak sih kalau agam Islam mengatur perayaan ulang tahun.

Pandangan islam terhadap perayaan ulang tahun

Perayaan ulang tahun tidak ada dalam Al-Qur’an maupun hadist. Perayaan ulang tahun pun tidak pernah dilakukan oleh Nabi Besar Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sebagai umatnya, hendaklah kita menjadikan beliau sebagai petunjuk sebagaimana sebaik-baiknya petunjuk untuk kita hidup sehari-hari. Salah satunya adalah perayaan ulang tahun. Menurut muslim.or.id ada setidaknya 2 kondisi yang dua-duanya dilarang oleh Islam, yaitu :

Menganggap perayaan ulang tahun sebagai bentuk ibadah

Kamu pasti pernah melihat kan di kehidupan nyata atau di sosial media seorang muslim merayakan ulang tahun dengan beribadah secara khusus. Yang dimaksud ibadah khusu adalah seperti:

  1. Bersedekah mengundang anak yatim
  2. Mentraktir makan
  3. Berdoa secara khusus di hari ulang tahun dengan mengundang orang yang dianggap shalih
  4. Berdzikir
  5. Memohon ampun (istighfar)

Atau bentuk-bentuk ibadah lainnya yang secara khusus lebih semangat dikerjakan di hari ulang tahun, dibandingkan hari-hari biasa lainnya.

Jika demikian, perayaan seperti di atas tersebut tergolong bid’ah karena mengada-adakan ibadah yang tidak diajarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Syaikh Shalih bin ‘Abdul ‘Aziz Alu Syaikh hafidzahullahu Ta’ala dalam bukunya Al-Minzhaar, hal. 19 berkata,

“Sesungguhnya hal itu (perayaan ulang tahun, tahun baru, dan sebagainya) adalah bid’ah yang tidak disyariatkan. Perayaan-perayaan itu hanyalah dibuat oleh manusia menurut hawa nafsu mereka. Berbagai macam perayaan (‘id) dan apa yang terdapat di dalamnya berupa rasa senang dan gembira, termasuk dalam bab ibadah. Maka tidak boleh mengada-adakan sesuatu apa pun di dalam ibadah, tidak (boleh) pula menetapkan dan meridhainya (tanpa ada dalil dari syariat, pen.).”

Menganggap perayaan ulang tahun sebagai bentuk adat kebiasaan semata

Yang kedua adalah menjadikan ulang tahun menjadikan ulang tahun sebagai kesenangan semata. Beberapa orang berpendapat bahwa perayaan ulang tahun itu tidak dimaksudkan untuk ibadah, maka boleh dilakukan.

Hal tersebut salah dan keliru. Karena bagaimana pun perayaan ulang tahun tetap lah dilarang atau terlarang oleh Islam. Hal ini berdasarkan riwayat sahabat Nabi Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu :

أَهْلِ الْجَاهِلِيَّةِ يَوْمَانِ فِي كُلِّ سَنَةٍ يَلْعَبُونَ فِيهِمَا فَلَمَّا قَدِمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ قَالَ كَانَ لَكُمْ يَوْمَانِ تَلْعَبُونَ فِيهِمَا وَقَدْ أَبْدَلَكُمْ اللَّهُ بِهِمَا خَيْرًا مِنْهُمَا يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ الْأَضْحَى

“Dahulu orang-orang Jahiliyyah memiliki dua hari di setiap tahun, dimana mereka biasa bersenang-senang ketika itu. Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam datang ke kota Madinah, beliau bersabda, “Dahulu kalian memiliki dua hari di mana kalian bersenang-senang ketika itu. Sekarang, Allah telah menggantikan untuk kalian dengan dua hari besar yang lebih baik, yaitu ‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha.(HR. Abu Dawud no. 1134 dan An-Nasa’i no. 1556)

Hukum mengucapkan selamat ulang tahun dalam Islam

Dalam islam beberapa ulama menganggap bahwa mengucapkan selamat ulang tahun itu adalah perbuatan dosa. Sedangkan ulama lain menganggap bahwa mengucapkan selamat ulang tahun itu boleh-boleh saja, asal tidak merayakannya.

Dilansir dari islam.nu.or.id, pada dasarnya segala tindakan manusia tergantung pada niatnya masing-masing. Niat akan menentukan nilai akan tindakan tersebut.

Maka jika ada pertanyaan apakah ada dalil mengenai mengucapkan selamat ulang tahun, jawabannya ada.

Imam Bukhari meriwayatkan bahwa sewaktu sahabat Ka’ab bin Malik menerima kabar gembira dari nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mengenai penerimaan tobatnya, maka sahabat Thalhah bin Ubaidillah menyampaikan kepadanya ucapan selamat (tahni’ah).

Berdasarkan riwayat tersebut, maka hukum mengucapkan selamat ulang tahun adalah hukumnya mubah, bahkan sebagian ulama hukumnya sunah. Namun dengan catatan tidak ada hal-hal yang munkar di dalamnya.

قَالَ الْقَمُوْلِيْ: لَمْ أَرَ لأَحَدٍ مِنْ أَصْحَابِنَا كَلاَمًا فِي التَّهْنِئَةِ بِالْعِيْدِ وَاْلأَعْوَامِ وَاْلأَشْهُرِ كَمَا يَفْعَلُهُ النَّاسُ، لَكِنْ نَقَلَ الْحَافِظُ الْمُنْذِرِيُّ عَنِ الْحَافِظِ الْمُقَدَّسِيِّ أَنَّهُ أَجَابَ عَنْ ذَلِكَ بِأَنَّ النَّاسَ لَمْ يَزَالُوْا مُخْتَلِفِيْنَ فِيْهِ وَالَّذِيْ أَرَاهُ أَنَّهُ مُبَاحٌ لاَ سُنَّةٌ فِيْهِ وَلاَ بِدْعَةٌ وَأَجَابَ الشِّهَابُ ابْنُ حَجَرٍ بَعْدَ اطِّلاَعِهِ عَلَى ذَلِكَ بِأَنَّهَا مَشْرُوْعَةٌ وَاحْتَجَّ لَهُ بِأَنَّ الْبَيْهَقِيَّ عَقَّدَ لِذَلِكَ بَابًا فَقَالَ: بَابُ مَا رُوِيَ فِيْ قَوْلِ النَّاسِ بَعْضِهِمْ لِبَعْضٍ فِي الْعِيْدِ تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكَ، وَسَاقَ مَا ذُكِرَ مِنْ أَخْبَارٍ وَآثَارٍ ضَعِيْفَةٍ لَكِنْ مَجْمُوْعُهَا يُحْتَجُّ بِهِ فِيْ مِثْلِ ذَلِكَ ثُمَّ قَالَ وَيُحْتَجُّ لِعُمُوْمِ التَّهْنِئَةِ بِمَا يَحْدُثُ مِنْ نِعْمَةٍ أَوْ يَنْدَفِعُ مِنْ نِقْمَةٍ بِمَشْرُوْعِيَّةِ سُجُوْدِ الشُّكْرِ وَالتَّعْزِيَةِ وَبِمَا فِي الصَّحِيْحَيْنِ عَنْ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ فِيْ قِصَّةِ تَوْبَتِهِ لَمَّا تَخَلَّفَ عَنْ غَزْوَةِ تَبُوْكَ أَنَّهُ لَمَّا بُشِّرُ بِقَبُوْلِ تَوْبَتِهِ وَمَضَى إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَامَ إِلَيْهِ طَلْحَةُ بْنُ عُبَيْدِ اللهِ فَهَنَّأَهُ.

“Imam Qommuli berkata : kami belum mengetahui pembicaraan dari salah seorang ulama kita tentang ucapan selamat hari raya, selamat ulang tahun tertentu atau bulan tertentu, sebagaimana yang dilakukan oleh banyak orang, akan tetapi al-hafidz al-Mundziri memberi jawaban tentang masalah tersebut : memang selama ini para ulama berselisih pendapat, menurut pendapat kami, tahni’ah itu mubah, tidak sunnah dan tidak bid’ah, Imam Ibnu Hajar setelah mentelaah masalah itu mengatakan bahwa tahni’ah itu disyari’atkan, dalilnya yaitu bahwa Imam Baihaqi membuat satu bab tersendiri untuk hal itu dan dia berkata : “Maa ruwiya fii qaulin nas” dan seterusnya, kemudian meriwayatkan beberapa hadits dan atsar yang dla’if-dla’if. Namun secara kolektif riwayat tersebut bisa digunakan dalil tentang tahni’ah. Secara umum, dalil dalil tahni’ah bisa diambil dari adanya anjuran sujud syukur dan ucapan yang isinya menghibur sehubungan dengan kedatangan suatu mikmat atau terhindar dari suatu mala petaka, dan juga dari hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim bahwa sahabat Ka’ab bin Malik sewaktu ketinggalan/tidak mengikuti perang Tabuk dia bertaubat, ketika menerima kabar gembira bahwa taubatnya diterima, dia menghadap kepada Nabi SAW. maka sahabat Thalhah bin Ubaidillah berdiri untuk menyampaikan ucapan selamat kepadanya”. (al-iqna’” juz I hal. 162)

Perayaan ulang tahun yang dilarang oleh Islam

Di atas kita sudah membahas bagaimana hukum merayakan ulang tahun dan mengucapkan ucapan selamat ulang tahun sekalipun islami dalam Islam. Lalu seperti apa perayaan ulang tahun yang dilarang oleh Islam itu?

Banyak ulama yang menganggap dan mengatakan bahwa perayaan ulang tahun itu hukumnya haram. Karena itu sifatnya adalah bid’ah, hal tersebut tidak dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

Orang yang melakukan ritual amal ibadah yang bukan berasal dari kami, maka amalnya tersebut tertolak(HR. Bukhari-Muslim)

Alasan lain juga karena perayaan ulang tahun adalah hal yang dilakukan oleh orang barat atau non muslim.

من تشبه بقوم فهو منهم

Orang yang meniru suatu kaum, ia seolah adalah bagian dari kaum tersebut(HR. Abu Dawud, disahihkan oleh Ibnu Hibban)

Perayaan ulang tahun yang dibolehkan oleh Islam

Beberapa ulama mengatakan bahwa merayakan ulang tahun boleh-boleh saja asal tidak boleh meniru ritual yang dilakukan oleh orang barat atau non muslim. Jadi jika perayaan ulang tahun tidak dibarengi dengan ritual agama lain itu tidak masalah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memang tidak pernah merakayak hari ulang tahunnya dan merayakan umatnya untuk merayakan hari ulang tahun.

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الأَنْصَارِىِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الاِثْنَيْنِ قَالَ: «ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ».

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ditanya tentang puasa hari Senin. Beliau bersabda: “Itu adalah hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus sebagai Rasul atau diturunkan wahyu kepadaku.” ( Dari Abi Qatadah al-Anshari radhiyallahu anhu)

Hadits di atas memberi isyarat bahwa hari kelahiran seseorang merupakan hari yang penuh nikmat, sehingga wajib disyukuri. Hadits tesebut juga memberi isyarat kebolehan merayakan hari-hari penuh nikmat, seperti hari kelahiran.

20+ Ucapan ulang tahun Islami Barakallah fii umrik

Jadi bagi kamu yang ingin memberikan ucapan selamat ulang tahun Islami untuk kerabat atau keluarga, di bawah adalah 20+ ucapan ulang tahun Islami.

Ucapan ulang tahun yang Islami adalah ucapan ulang tahun yang diperuntukan oleh sesama muslim.

Ucapan ulang tahun Islami Barakallah fii umrik untuk teman atau sahabat

“Selamat ulang tahun sob, semoga di pertambahan usia ini, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik.”

“Happy Birthday ya. Semoga semakin plus plus segala hal yang positif, dan semakin lancar rejekinya.”

“Happy Birthday sahabat tercintaku, semoga tambah cantik, tambah baik dan tentunya gak lupa neraktir kita.”

“Selamat ulang tahun sahabatku, semoga segala urusannya dilancarkan. AAMIIN”

Ucapan ulang tahun Islami Barakallah fii umrik untuk Aniversary

“Sayangku, kaulah pelengkap hidupku, di pertengahan tahun ini adalah peringatan genap 1 tahun kebersamaan kita sebagai suami dan istri, semoga aku dan kamu bisa kekal menjadi pasangan hingga ke Jannahnya.”

“Terimakasih istriku, kau adalah bidadari. Kau berikanku putra dan putri lucu, kau mengandung dan membesarkannya, maafkanlah diriku yang hingga kini masih belum bisa membuatmu bahagia.”

“Sayangku, hadirmu adalah hal yang terindah di dalam hidupku. Denganmu kehidupanku terlengkapi, karenamulah hidupku semakin terasa lebih berwarna dan tentu saja aku berharap semoga kita menjadi suami istri yang saling mengingatkan dalam kebaikan, ketaqwaan dan juga mampu membawa bahtera ini hingga ke surganya. Aamiin.”

Ucapan ulang tahun Islami Barakallah fii umrik untuk anak

“Anakku tersayang, selamat ulang tahun ya, semoga kamu menjadi anak yang sholeh, berbakti pada orang tua dan taat dalam beragama.”

“Anakku, kehadiranmu melengkapi kehidupan kami, ayah ibumu. Di pertambahan usiamu saat ini semoga engkau diberi panjang umur dan kesehatan, dan menjadi anak yang sholeh serta mampu membahagiakan ayah dan ibumu ini. Aamiin.”

“Selamat ulang tahun anakku.. inilah doa ku untukmu nak. Engkau adalah karunia terbesar tuhan yang telah diberikan di dalam keluarga kami. Semoga kehadiranmu mampu menjadi pelipur lara kami, obat hati kami dan penyejuk hati kami”.

Ucapan ulang tahun Islami Barakallah fii umrik untuk pasangan atau kekasih

“Sucikan hatimu di pertambahan usiamu kini, semoga perilakumu semakin indah dan mempesona. Ketaqwaanmu semakin meningkat dan juga bakti pada Allah dan kedua orang tua semakin baik.”

“Seiring dengan pertambahan usia, tak terhitung nikmat Allah yang telah diberikan. Semoga apa yang telah dilimpahkan Allah kepadamu adalah suatu hal yang terbaik untukmu semoga engkau bisa menjadi hamba yang sholeh dan bertaqwa.”

“Selamat ulang tahun sayang, semoga hubungan kita senantiasa bisa langgeng hingga menjadi sepasang suami istri. Supaya kita bisa bersama – sama hingga ke jannahnya. Dan kekah abadi di dalamnya.”

“Aku bukan tipe istri yang romantis, aku juga bukan orang yang pandai mengolah kata menjadi syair yang indah di dengar, tapi aku adalah satu – satunya wanita setelah ibumu yang sangat menyayangimu dan mencintaimu. Semoga keluarga kita semakin bahagia, selamat ulang tahun suamiku”

“Aku tidak akan pernah lelah atau berhenti mencintaimu dan menyayangimu, semoga Allah selalu memberikan kasih dan sayangnya kepada keluarga kecil kita. Selamat ulang tahun suamiku tersayang”

“Selamat ulang tahun suamiku sayang, semoga Allah mengabulkan semua hal yang engkau harapkan untuk keluarga kecil kita, aku sayang kamu”

“Terimakasih sudah sabar menjadi istriku, sudah tahan menghadapi semua sikapku dan terimakasih sudah menjadi seorang ibu yang baik untuk anak – anakku. Semoga tuhan selalu memberikan kebaikan dan kekuatan pada setiap jalan hidupmu untuk hari ini, esok dan seterusnya. Selamat ulang tahun istriku sayang”

“Istriku yang tersayang, selamat ulang tahun semoga tuhan selalu menjaga cinta tulusmu agar tetap utuh seperti ini dan semoga semua kebaikan selalu menyertaimu”

Jadi itu lah ucapan ulang tahun Islami serta hukumnya menurut Islam, semoga bermanfaat. Tetap berada di jalan yang benar.

Tinggalkan Balasan